Assalamualaikum wr wb

Disini saya mencoba dengan Virtual Machine

Pertama Setelah Slax 9 Booting , kita buat partisi dengan fdisk. karna saya menggunakan hdd 2GB

Jadi saya gunakan swap 512MB dan ext4 1.5GB. note*: (Untuk kapasitas dan konfigurasi harddisk terserah anda).

karena di list fdisk hdd saya terdetek sebagai /dev/sdb (lihat di bawah). note* : (keterangan dapat berbeda beda)




Selanjutnya ketik perintah : fdisk /dev/sdb
Kira-kira tampilannya akan seperti di bawah. note*: (untuk pertama kali akan membuat partition table)


Selanjutnya buat partisi dengan ketik : n
Selanjutnya tekan : p
Selanjutnya partition number (disini saya default) maka tekan langsung enter
First Sector (disini saya default) tekan enter
Last Sector (disini saya membuat 512MB untuk swap) ketik : +512MB (untuk ukuran terserah tinggal +..MB , +..GB dan seterusnya.)

Partisi Selanjutnya...

Setelah selesai kita lihat partisi yang sudah di buat dengan menekan : p


Selanjutnya ketikan : w


Selanjutnya kita format dan sebagian kita mount

Untuk Swap ketik : mkswap /dev/sdb1 
lalu ketik : swapon /dev/sdb1.

Untuk ext4 ketik : mkfs.ext4 /dev/sdb2
Selanjutnya mount partisi yang akan di jadikan root (disini saya ext4 /dev/sdb2) ketik : mount /dev/sdb2 /media/sdb2 (jika gagal buat dulu directory sdb2 dengan cara mkdir /media/sdb2)
Selanjutnya unsquashfs file 01-core.sb, 01-firmware.sb, 02-xorg.sb, 03-desktop.sb, 04-apps.sb note*: (untuk 05-chromium.sb) di cd slax yang berada di /media/sr0/slax ke /media/sdb2.

Ketik :  unsquashfs -f -d /media/sdb2 /media/sr0/slax/01-core.sb
          unsquashfs -f -d /media/sdb2 /media/sr0/slax/01-firmware.sb
          : unsquashfs -f -d /media/sdb2 /media/sr0/slax/02-xorg.sb
          : unsquashfs -f -d /media/sdb2 /media/sr0/slax/03-desktop.sb
          : unsquashfs -f -d /media/sdb2 /media/sr0/slax/04-apps.sb

Selanjutnya copy juga directory boot di /media/sr0/slax/boot/ ke /media/sdb2/ dengan 
mengetik : cp -r /media/sr0/slax/boot/ /media/sdb2/

Selanjutnya ketik : chroot /media/sda2 note

Selanjutnya masuk ke directory boot/ sdb2 ketilk : cd /media/sdb2/boot/
Setelah masuk ketik : ls dan akan terlihat file filenya.


Ketik : bash bootinst.sh
Setelah Berhasil maka selanjutnya kita buat initrd image ketik : update-initramfs -c -k all
Jika gagal buat directory dev dan file null di directory dev yang di buat tadi.
Untuk membuat file ketik : nano /dev/null biarkan kosong lalu ctrl + o enter ctrl + x

Setelah selesai bisa di ganti dengan nama initrd.img agar lebih simple.di sini saya menggunakan command mv meskipun fungsinya untuk memindahkan file.
(bisa diambil di folder /boot)

Selanjutnya edit file syslinux.cfg disini saya menggunakan file editor nano.
Ganti /slax/boot dengan /boot, dan Seperti ini :

LABEL default
MENU LABEL Run Slax (Persistent changes)
KERNEL /boot/vmlinuz
APPEND vga=normal initrd=/boot/initrd.img  rw root=/dev/sda2

Lihat Gambar :


Langkah Terakhir Reboot atau Restart Perangkat.